Tips dan Solusi Mengatasi Rasa Malas

Tips dan Solusi Mengatasi Rasa Malas


Rasa malas berlaku untuk siapa saja yang mendambakan malas bahkan bagi creator conten baik dalam dunia blogging maupun youtube. Komitmen awal menjadi lenyap seketika dan semua pekerjaan yang harusnya sudah dikerjakan malah menjadi sembrawut tidak terselesaikan.

Semua itu terjadi karena faktor atau motif tertentu yang bisa saja mengasikka, lalu ketika bekerja konsentrasi menjadi rusak. Kurangnya konsentrasi merupakan faktor utama kemalasan. Pemicu kurangnya konsentrasi biasanya karena kurang tidur, stres dan kemarahan.

Lantas, Bagaimana cara mengembalikan konsentrasi?

Cara mengembalikan konsentrasi yaitu dengan istirahat yang cukup sesuai saran para ahli untuk orang dewasa  8 jam sehari. Usahakan hindari stres dan tekanan mental serta selalu berfikir positif.

Kegiatan yang nyaman yang biasanya membuat kita malas untuk memulai melakukan sebuah pekerjaan, yaitu adanya kegiatan lain yang menyita waktu seperti Chatting,Tidur, Membaca Novel, ngobrol dengan teman, main PS,  Menonton dan sebagainya yang dapat menghambat kerjaan.

Kemalasan merupakan sesuatu yang normal maka inipun bisa diatasi. Untuk menghilangkan kemalasan biasanya kia mesti selalu berfikir bahwa hari ini adalah hari yang terbaik untuk mengerjakan pekerjaan ini dan aku sangat mampu untuk mengerjakannya. Ada pahala disetiap sesuatu yang dikerjakan dengan niat yang baik dan akan ada kemudahan disetiap kesulitan.

Untuk itu, saya mencoba meramu dan ingin berbagi sedikit dengan sahabat dan juga sebagai pengingat untuk diri sendiri. Berdasarkan pengalaman berikut beberapa poin yang bisa dicoba untuk keluar dari zona malas itu.

1. Tentukan prioritas.

Dengan adanya prioritas maka kita bisa mendahulukan yang benar-benar penting dan bisa dikerjakan lebih awal. Hal ini dilakukan agar kita tidak terlalu berlama-lama dalam aktifitas yang kadang tidak terlalu penting dan membuat kita terlena. Dengannya kita juga bisa mengatur waktu melakukan sesuatu dengan skala prioritas.

2. Menentukan target.

Katakan dalam diri “Harus ada yang aku selesaikan dalam 1 jam atau 1 hari ini”. Biasanya ketika kita memulai lama kelamaan akan ada keasyikan tersendiri dalam mengerjakannya.

3. Lakukan yang termudah dahulu.

Diperlukan melakukan yang termudah dahulu pada awal-awal bekerja. Hal ini dilakukan agar otak tidak terlalu kaget, otak juga memerlukan waktu untuk berasosiasi dengan wawasan-wawasan yang lainnya agar bisa siap untuk beban yang lebih berat. Kerjakan sedikit demi sedikit sehingga yang tampak susah akan menjadi mudah. Tetapi hal ini tidak berlaku pada pekerjaan yang memang biasa kita lalukan dan kita menganggapnya mudah semua, jika demikian yang dilakukan adalah tetaplah melanjutkan pekerjaan itu.

4. Mulailah sekarang.

Jangan terlalu lama menunda waktu dan berkutat dengan pikiran sendiri, bahwa masih banyak waktu. Seperti yang saya sampaikan diawal tadi jika kita menunda dan menunda maka perkerjaan dan kemalasan akan seiring membesar bagaikan bola salju sehingga akan membebani kita pada akhirnya.

5. Enjoylah selalu dengan pekerjaan.

Cari sisi yang menyenangkan dari pekerjaan kita. Hal ini dilakukan agar tidak stress duluan ketika kita memulai atau sedang melakukan suatu pekerjaan. Jika dengan mendengarkan musik dapat membuat kita senang dan tetap semangat, hal itu bisa kita lakukan.

6. Tetap fokus.

Terkadang kita kehilangan perhatian atau fokus sehingga hal yang seharusnya bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat menjadi lama atau tak sengaja menjadi berlama-lama. Hal hal yang menghilangkan fokus bisa berupa chatting, gossip, bermalas-malasan dengan tidur-tiduran.

7. Penuhi target. 

Hal itu dapat dilakukan jika kita memikirkan dan melakukannya saat itu juga. Saya sengaja mengulangi yang ini, karna tanpa motivasi kuat kita akan terlena. Jadi pikirkan dan kerjakan saat itu juga untuk memenuhi target.

Nah, saya tak mau berlama-lama memberikan nasehat pada diri dan sahabat sekalian, mari kita mulai sekarang, tentukan prioritas, senangi pekerjaan, tetap fokus dan selesaikan sesuai target.

Warning, mungkin saja yang dituliskan ini kurang kuterapkan, karena tadi ada faktor atau motif tertentu!
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Seperti menasehati adik-adik untuk rajin belajar, mudah sekali diucapkan. Tapi ketika menimpa diri sendiri, rasanya susah setengah mati. Yang bisa dilakukan, akhirnya hanya mengawang-awang tujuan.

    Sampai masa menampar diri sendiri, kalau tidak dimulai ya tidak selesai!

    Ah~

    ReplyDelete
  2. Paling sering gak fokus, karena konsentrasi bercabang, akhirnya lebih memilih calm down sejenak, baru deh start lagi, biar dapat ide bagu dan juga semangat baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. di fresh dulu, berkunjung ke destinasi lokal yang ada disekitar kita. Terkadang alam bisa membantu meringankan kepenatan dan juga mengaktifkan nalar imajinatif kita.

      Delete

Post a Comment